Tuesday, March 18, 2008

Manhaj Para Nabi dalam Tazkiyatun Nufus - 3



Manhaj Para Nabi dalam Tazkiyatun Nufus

-----------------------------------------------------
Ringkasan Transkrip Audio
Minhajul Anbiya fi Tazkiyaun Nufus
Oleh: Ustadz Mubarak Bamualim, Lc.
Sumber audio: www.assunnah.mine.nu
------------------------------------------------------

Ketahuilah bahwasanya tazkiyatun nufus adalah salah satu faktor yang paling penting diantara faktor tegaknya eksistensi suatu umat. Itu adalah jalan tazkiyatun nufus yang sangat erat hubungannya dengan ahlak al-karim. Karena jiwa yang bersih akan melahirkan akhlak yang mulia. Jiwa yang bersih akan membuahkan maqarimul akhlak. Dan bahwasanya akhlak yang mulia adalah salah satu unsur bagi kesinambungan kehidupan umat atau suatu kaum. Sebagaimana dikatakan oleh seorang penyair: ‘Bahwasanya suatu umat itu, mereka hanya akan kekal dengan akhlak yang mereka miliki. Apabila akhlak itu telah hilang dari mereka, maka mereka pun akan lenyap.’ Mereka pun akan binasa tatkala mereka sudah tidak lagi memiliki akhlak. Oleh karena itu pensucian jiwa yang membuahkan ahlak yang mulia merupakan sesuatu yang amat penting yang memiliki pengaruh besar dalam kesinambungan berdirinya suatu masyarakat. Apabila masyarakat itu berakhlak dan bermoral, tatkala suci jiwa-jiwa mereka maka mereka akan kekal, mereka akan terus ada dan dipelihara oleh Allah azza wa jalla. Namun sebaliknya, manakala moral mereka telah hancur maka mereka pun akan hancur dan mereka akan binasa.

Allah berfirman dalam Al-Qur’anul Karim, menerangkan bagaimana tatkala seseorang suci jiwanya dan bersih akhlaknya maka dia akan berjalan di atas jalan yang benar. Dia akan menghormati hal-hal yang dimuliakan oleh Allah azza wa jalla. Sebagaimana Allah berfirman:

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS Al-Hajj [22] : 32)

Seorang yang bertakwa akan menghormati hurmatullah karena dia takwa kepada Allah azza wa jalla. Jika ada yang bertanya apa kaitan antara takwa dengan tazkiyaun nufus? Kaitannya adalah tazkiyatun nufus sama dengan takwa. Tidak ada perbedaan antara dua hal ini. Jiwa akan mencapai suatu derajat kesucian tatkala dia bertakwa kepada Allah azza wa jalla. Jadi pada hakekatnya tidak ada perbedaan antara tazkiyatun nufus dengan ketakwaan kepada Allah azza wa jalla.

Mari kita melihat dakwah para nabi kepada tazkiyatun nufus, dalam mensucikan jiwa manusia.

1. Dakwah Nabi Nuh alaihis salam, Rasul pertama yang diutus oleh Allah azza wa jalla kepada manusia setelah terjadinya perbedaan diantara mereka. Setelah adanya kesyirikan, setelah adanya khilaf diantara manusia. Nabi Nuh alaihis salam tatkala berdakwah kepada umatnya beliau mengatakan:

كَذَّبَتْ قَوْمُ نُوحٍ الْمُرْسَلِينَ إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ نُوحٌ أَلا تَتَّقُونَ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلا عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ

“Kaum Nuh telah mendustakan para rasul. Ketika saudara mereka (Nuh) berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan-ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam. Maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku".” (QS Asy-Syu’ara [26] : 105-110)


2. Dakwah Nabi Hud alaihis salam tatkala dia memberikan peringatan kepada kaumnya, di suatu negeri yang bernama Akhthob. Allah berfirman mengisahkan tentang Nabih Hud alaihis salam :

كَذَّبَتْ عَادٌ الْمُرْسَلِينَ إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ هُودٌ أَلا تَتَّقُونَ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلا عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Kaum Ad telah mendustakan para rasul. Ketika saudara mereka Hud berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan sekali-kali aku tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.” (QS Asy-Syu’ara [26] 123-127)

Jadi apa yang diucapkan oleh Nabi Hud yang datang setelah Nabi Nuh, sama dengan apa yang diucapkan oleh Nabi Nuh, yaitu tidakkah kalian bertakwa kepada Allah azza wa jalla.

3. Dakwah Nabi Saleh alaihis salam. Allah berfirman mengisahkan tentang Nabi Shaleh

كَذَّبَتْ ثَمُودُ الْمُرْسَلِينَ إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ صَالِحٌ أَلا تَتَّقُونَ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلا عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Kaum Tsamud telah mendustakan rasul-rasul. Ketika saudara mereka, Saleh, berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu, upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.” (QS Asy-Syu’ara [26] 141-145).

4. Dakwah dan ajakan Nabi Luth alaihis salam kepada kaumnya, dimana Allah mengisahkan dalam Al-Qur’anul Karim dengan firman-Nya:

كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوطٍ الْمُرْسَلِينَ إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ لُوطٌ أَلا تَتَّقُونَ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلا عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Kaum Lut telah mendustakan rasul-rasul, ketika saudara mereka, Lut, berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa?" Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.” (QS Asy-Syu’ara [26] : 160-164).

5. Demikian pula apa yang diucapkan oleh Nabi Syuaib alaihis salam sebagaimana yang difirmankan oleh Allah azza wa jalla:

كَذَّبَ أَصْحَابُ الأيْكَةِ الْمُرْسَلِينَ إِذْ قَالَ لَهُمْ شُعَيْبٌ أَلا تَتَّقُونَ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلا عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Penduduk Aikah telah mendustakan rasul-rasul; ketika Syuaib berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa?, Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku; dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.” (QS Asy-Syu’ura [26] : 176-180).

Kemudian ia memberi nasihat kepada kaumnya.

6. Lalu kita mendengar firman Allah kepada Musa alaihis salam, dimana Allah menceritakan tentang Musa, yang dikisahkan dalam surat Al-A’raf ayat 170 – 171. Allah berfirman:

وَالَّذِينَ يُمَسِّكُونَ بِالْكِتَابِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ إِنَّا لا نُضِيعُ أَجْرَ الْمُصْلِحِينَ

“Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan shalat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan.”

Kemudian Allah berfirman:

وَإِذْ نَتَقْنَا الْجَبَلَ فَوْقَهُمْ كَأَنَّهُ ظُلَّةٌ وَظَنُّوا أَنَّهُ وَاقِعٌ بِهِمْ خُذُوا مَا آتَيْنَاكُمْ بِقُوَّةٍ وَاذْكُرُوا مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka): "Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya supaya kamu menjadi orang-orang yang bertakwa".”


Jadi peringatan Nabi Musa kepada kaumnya pun agar mereka menjadi orang-orang yang bertakwa.

Kemudian Allah berfirman secara khusus, ketika Musa datang kepada Firaun dan mengajak Firaun untuk mensucikan dirinya, sebagaimana difirmankan oleh Allah azza wa jalla dalam surat An-Nazi’aat:

اذْهَبْ إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى فَقُلْ هَلْ لَكَ إِلَى أَنْ تَزَكَّى وَأَهْدِيَكَ إِلَى رَبِّكَ فَتَخْشَى


“Sudahkah sampai kepadamu (ya Muhammad) kisah Musa. Tatkala Tuhannya memanggilnya di lembah suci ialah Lembah Thuwa; "Pergilah kamu kepada Firaun, sesungguhnya dia telah melampaui batas, dan katakanlah (kepada Firaun): "Adakah keinginan bagimu untuk membersihkan diri (dari kesesatan)" Dan kamu akan kupimpin ke jalan Tuhanmu agar supaya kamu takut kepada-Nya?" (QS An-Nazi’aat [79] : 15-19)

Demikian pula kisah Nabi Isa alaihis salam tatkala dia mengajak kaumnya dan berdakwah kepada kaumnya, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah dalam surat Az-Zukhruf ayat 63:

وَلَمَّا جَاءَ عِيسَى بِالْبَيِّنَاتِ قَالَ قَدْ جِئْتُكُمْ بِالْحِكْمَةِ وَلأبَيِّنَ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي تَخْتَلِفُونَ فِيهِ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ

“Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: "Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku".”

Kemudian dalam surat Al-Imran, ayat yang ke 50 juga tentang Nabi Isa alaihis salam Allah berfirman:

وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَلأحِلَّ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي حُرِّمَ عَلَيْكُمْ وَجِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ

“Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.”

Dengan demikian setelah kita mendengar bagaimana ucapan dan kalimat-kalimat yang diucapkan para nabi dan rasul-rasul Allah, sejak dari Nabi Nuh, Nabi Hud, Nabi Saleh, Nabi Luth, Nabi Syuaib, kemudian Nabi Musa, Nabi Isa dan seterusnya, semuanya dakwah mereka adalah satu, mengajak manusia untuk bertakwa kepada Allah azza wa jalla, dimana takwa itu adalah merupakan tazkiyatun nufus, mensucikan diri-diri mereka.

Jadi Allah jelaskan tentang semuanya itu dalam firman-Nya dalam surat Al-Mu’minuun ayat 51 dan 52:

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ وَإِنَّ هَذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاتَّقُونِ

“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku.”

Disini merupakan wasiat, Allah berikan kepada seluruh manusia. Allah wasiatkan tentang ketakwaan ini kepada nabi-nabi sebelum Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sampai kepada beliau shallallahu alalihi wasallam. Inilah wasiat, yaitu kalimat takwa yang diwasiatkan oleh Allah kepada seluruh nabi-nabi Allah sebagaimana difirmankan Allah dalam surat An-Nisa ayat 131:

وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَإِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُوا اللَّهَ

“dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu; bertakwalah kepada Allah.”

Apabila ada orang bertanya; ‘Ya syaikh –kepada Syaikh bin Ied Al-Hilali- bahwa ayat-ayat ini menerangkan tentang ketakwaan. Ayat-ayat ini menerangkan dakwah para nabi kepada kaumnya untuk takwa kepada Allah azza wa jalla, apa kaitannya dengan tazkiyatun nufus? Maka kata Syaikh hafizahullahu ta’ala, jawaban kami adalah: ‘Tidakkah engkau ketahui wahai hamba Allah, bahwasanya takwa kepada Allah itulah tazkiyatun nufus - itulah pensucian jiwa, pensucian hati dan diri – artinya kesamaan dengan ketakwaan kepada Allah dan tazkiyatun nufus adalah sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, tidak ada perbedaannya. Tazkiyatun nufus itulah ketakwaan. Karena takwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala itu adalah ibarat mata air, sumber yang dengannya memasukkan ke dalam diri manusia, ke dalam jiwa, dengan sesuatu yang dapat mensucikan jiwa. Karena tatkala seseorang takwa kepada Allah, dia akan takut kepada Allah dimanapun dia berada. Ketika sendirian ataupun ketika banyak orang. Dengan ketakwaan ini akan melahirkan manusia yang suci jiwanya. Tatkala dia melihat, apabila penglihatannya kepada yang haram, dia melihat kepada Allah dan berkata haram, lalu dia menahan pandangannya dari sesuatu yang haram. Dengan demikian dia telah mensucikan matanya dari perbuatan dosa. Tatkala dia mendengar, atau akan mendengar tentang sesuatu yang haram, karena dia takwa kepada Allah maka dia menahan telinganya, pendengarannya, dari mendengar sesuatu yang haram. Karena ada takwa dalam dirinya yang menjadi sumber pensucian jiwanya. Tatkala dia akan mengambil sesuatu yang haram, dia ingat kepada Allah dan dia takwa kepada Allah dan seterusnya. Yang akhirnya karena ketakwaan yang ada pada dirinya akan sucilah jiwanya, hatinya suci, pandangannya suci, pendengarannya suci, makanan yang masuk ke dalam perutnya suci karena dia tidak mau makanan yang haram, langkah kakinya kepada yang benar, mengambil sesuatu yang halal yang dibolehkan oleh Allah azza wa jalla. Karena apa? Karena ada ketakwaan di dalam dirinya. Maka takwa adalah sumber dari tazkiyatun nufus. Takwa adalah sama dengan tazkiyatun nufus.


Sesi tanya jawab:

Pertanyaan:

Ustadz, sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa dalam mengambil ilmu perlu diperhatikan darimana mengambilnya. Berkenaan isu-isu yang telah terlanjur terdengar tentang fitnah-fitnah yang menyebar, maka bagaimana sikap kita terhadap yayasan (yang terkena fitnah –tidak ditampilkan –ed.) tersebut termasuk pula yayasan Hizbi lainnya. Apakah benar bahwa yayasan tersebut adalah yayasan ahlul bid’ah, bolehkan kita mengambil ilmu darinya, misalnya dari tulisan-tulisan mereka.

Jawaban:

Yang pertama bahwa hendaknya anda bertakwa kepada Allah azza wa jalla di dalam mengambil ilmu. Artinya ambillah dari orang-orang yang kita percaya dari keilmuan mereka, manhaj dan aqidah mereka.

Kemudian yang kedua, bahwasanya yang wajib anda pelajari adalah bahwa hendaknya anda belajar ilmu yang banyak. Anda mempelajari ilmu ini dengan benar dalam masalah aqidah, dalam masalah manhaj, dalam masalah muamalah dan lain-lain sebagainya. Insya Allah dengan bekal ilmu yang anda miliki anda akan bisa membedakan mana yang haq dan mana yang batil. Dengan demikian, apabila anda melihat suatu buku dari siapapun bukunya, entah dari yayasan ini atau yayasan itu atau dari hizbi yang mana ataupun yang mana. Maka apabila seseorang memiliki ilmu, dia akan mengetahui arah pembicaraan yang ada di dalam kitab itu. Oleh karena itu yang ingin saya sampaikan kepada –terutama baik yang hadir saat ini maupun yang mengikuti pengajian ini- hendaknya kalian betul-betul belajar aqidah yang benar, manhaj yang benar dari orang-orang yang bisa dipercaya. Dengan demikian anda bisa mengetahui apabila mendengar suatu pembicaraan ke arah mana pembicaraan itu. Seorang yang berilmu akan tahu, mana orang yang sururi, mana yang bukan sururi, mana yang ahlul bid’ah asy’ari mana yang bukan asy’ari, mana yang maturidi mana yang bukan maturidi, mana yang mengajak kepada wala kepada yayasan mereka mana yang tidak mengajak untuk wala kepada yayasan mereka. Ini, apabila seseorang memiliki ilmu, dia akan mengetahuinya.

Adapun yayasan-yayasan seperti yang anda sebutkan dalam kaitan ini, kami mengatakan yang sebenarnya kepada yang bertanya ini bahwa dengan ilmu yang anda miliki, anda bisa menilai apa yang mereka kerjakan. Karena tidak ada suatu yayasan pun yang kita lihat di zaman ini yang murni seratus persen bersih dari hal-hal seperti hizbiyah atau pembelaan terhadap suatu kelompok tertentu, ini tidak lepas dari itu semuanya. Kecuali hanya sedikit –satu dua diantara yayasan-yayasan itu- maka dari itu, apabila –ini sesuai dengan fatwa-fatwa dari syaikh-syaikh kami yang berkali-kali datang ke Indonesia- apabila yayasan-yayasan itu tatkala mereka memberikan ilmu atau memberikan bantuan atau memberikan yang lainnya dengan tekanan, maka anda wajib menolaknya. Apabila ada tekanan. Tapi selama itu bersifat bantuan yang insya Allah tidak mengganggu aqidah anda, tidak mengganggu manhaj anda dan anda bisa berjalan berdakwah dengan benar atau mendapat ilmu dengan benar, maka sebatas itu anda boleh membaca kitab mereka. Boleh membaca kitab mereka, selama kitab mereka selamat dan bantuan-bantuan yang mereka berikan tidak ada tekanan. Dan dengan belajar insya Allah anda akan bisa mengetahui mana yang haq dan mana yang batil, mana yang sururi dan mana yang bukan sururi.

Kami pun tidak lepas dari tuduhan-tuduhan itu, tapi kami yakin bahwa yang menuduh kami seperti itu adalah orang-orang yang hasad kepada kami, yang dengki kepada kami, tetapi kami tetap berjalan. Sebagaimana dikatakan oleh pepatah dalam bahasa Arab: ‘anjing terus menggonggong dan kafilah tetap berjalan’. Ini peribahasa dari bahasa Arab.

Kita banyak disibukkan oleh hal-hal seperti ini di dalam berdakwah. Mereka memfitnah dengan fitnahan-fitnahan yang tidak benar, yang hanya hasad dan dengki yang ada pada mereka dan tidak terbukti. Kalaupun ada satu hal dua hal yang mungkin seorang manusia bisa saja dia melanggar, maka kami katakan bahwa kita pun manusia biasa, kita bukan malaikat. Dan yang jelas kita tidak ridha terhadap kesalahan, kita tidak ridha kepada kemungkaran, kita tidak ridha kepada hizbiyah, tetapi kita berkewajiban untuk berdakwah kepada manusia agar mereka berjalan kepada jalan yang benar.

Maka fitnahan-fitnahan seperti ini hendaknya anda mendengar dan tabayyun kepada orang yang disebutkan namanya atau yayasan yang disebutkan. Intinya bahwa saya ingin nasihatkan kepada anda agar anda tidak banyak disibukkan oleh hal-hal seperti ini, yang membuat anda nanti tidak mempunyai ilmu dan akhirnya anda tidak bisa mendapatkan ilmu dari siapapun. Intinya anda belajar ilmu, insya Allah anda bisa membedakan mana yang haq mana yang batil. Tapi ketahuilah bahwasanya kitapun harus mengetahui, seperti yayasan-yayasan yang anda sebutkan ini, mereka orang Muslimin. Kalau mereka salah kita ingatkan. Kita berkewajiban untuk mengingatkan. Kalau kita sudah mengingatkan, mereka tetap berjalan kepada jalannya, kita terlepas dari hal itu. Tapi kita tidak bisa kemudian mengatakan kepada mereka, kita tidak boleh salam kepada mereka, kita harus bara’ seperti bara’-nya seorang Muslim kepada orang kafir. Tidak demikian. Itu bukan manhajnya para salaf. Kita wajib menasihati kepada mereka dan mengajak mereka kembali kepada jalan yang benar.


Pertanyaan:

Pertama, ustadz, bagaimana jika ada seseorang yang ikhlas kepada Allah beribadah kepada Allah, dia mentauhidkan Allah, tidak berbuat syirik, tapi dia melakukan maksiat, apa disini dia gugur amalannya ataukah dia diazab atau diampuni sesuai dengan kehendak Allah, bagaimana definisi ikhlas disini ya ustadz.

Jawaban:

Kaitannya begini; Bahwa antara keikhlasan tentunya memiliki definisi, bahwa ikhlas itu adalah seseorang menyamakan antara amalan-amalan dia pada saat sendirian maupun di depan orang banyak, tidak ada perbedaan amalan tersebut. Ini salah satu definisi ikhlas.

Yang kedua ada yang Mendefinisikan ikhlas itu seorang benar-benar berbuat dan mengamalkan suatu amal ibadah semata-mata karena Allah azza wa jalla, dia tidak mengharapkan pandangan manusia, pujian manusia, dan lain sebagainya. Intinya ibadahnya semata-mata karena Allah azza wa jalla. Maka dalam beribadah dia ikhlas kepada Allah azza wa jalla. Ini tidak ada kaitannya dengan maksiat, artinya seorang yang dia ibadahnya ikhlas tidak mustahil dia terjerumus dalam perbuatan dosa sebagai seorang manusia. Jadi tidak berarti bahwa seorang yang ikhlas dalam beribadah dia tidak terjerumus ke dalam dosa. Tidak. Karena Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Setiap anak Adam bisa saja terjerumus dalam kesalahan. Dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang bertaubat kepada Allah azza wa jalla.” Jadi tidak ada kaitannya ketika dia ikhlas dalam suatu amal ibadah dengan kemaksiatan yang dilakukannya. Ini tidak ada kaitannya. Lalu bagaimana dengan orang ini? Maka dia harus bertaubat kepada Allah azza wa jalla. Kalau dia mohon ampun kepada Allah dari kemaksiatannya, maka taubat itu menghapus dosa-dosa sebelumnya dengan seizin Allah. Jadi kalau misalnya dia pun tidak bertaubat kepada Allah, kemudian dia mati dalam keadaan berbuat maksiat, maka dia berada di bawah kehendak Allah. Apabila Allah menghendaki maka dia diampuni secara langsung tanpa diadzab, tapi apabila Allah menghendaki dia akan diadzab sesuai dengan dosa yang dilakukannya, dibersihkan dari dosa-dosanya kemudian dia dikeluarkan dari adzab tersebut.


Pertanyaan:

Apa ciri-ciri orang yang mempunyai jiwa yang bersih dan yang mempunyai jiwa yang kotor?

Jawaban:

Sebetulnya masalah jiwa ini adalah masalah yang sangat pribadi, hanya Allah yang mengetahui dan orang itu. Bagaimana cirinya? Kita sebetulnya tidak mampu menilai hati seseorang. Tetapi kadang-kadang dari amal perbuatan seseorang, bisa menunjukkan apa yang ada di dalam hatinya. Karena ucapan seseorang cermin dari apa yang tersembunyi dalam hatinya. Maka mungkin saja kita meraba hati seseorang itu dari ucapannya, dari tindak tanduknya. Adapun memastikan bahwa jiwa seseorang itu bersih dan jiwanya kotor itu tidak dibenarkan. Karena masalah batin urusannya kepada Allah Azza wa Jalla. Kita hanya melihat seseorang dan menilai seseorang dari zahirnya, jangan dari batinnya karena kita tidak mampu. Nabi alaihis shalatu was salam, sikap beliau kepada orang-orang munafik, beliau menghukumi mereka dengan zahir. Mereka shalat bersama kaum Muslimin, mereka tetap dikatakan sebagai kaum Muslimin. Padahal mereka disebutkan di dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya orang munafik di neraka yang paling bawah. Tetapi muamalah Nabi shallallahu alaihi wasallam, sikap beliau terhadap mereka sebagaimana dengan kaum Muslimin yang lain. Maka dari itu, hukum kita kepada seorang manusia, selama kita melihatnya baik maka kita hukumi dia sebagai orang baik. Kalau kita melihat sesuatu yang janggal atau aneh, maka kita ingatkan. Adapun menghukumi seseorang itu jiwanya bersih atau jiwanya kotor itu bukan urusan manusia, (melainkan) hanya kepada Allah Azza wa Jalla. Wallahu Ta’ala a’lam.

Pertanyaan:

Ustadz ditanya tentang dzikir bersama, semua jama’ah berpakaian serba putih. Apakah ini sarana bertazkiyatun nafs?

Jawaban:

Ini adalah salah satu diantara bid’ah-bdi’ah yang muncul di zaman ini dan sebelumnya juga sudah ada. Hanya kalau dahulu tidak ditayangkan, kalau sekarang ditayangkan di layar-layar televisi. Maka orang yang ditayangkan misalnya anda, tatkala berdzikir dengan pakaian putih kemudian menangis, dan di-shooting (ditayangkan), maka perbuatan anda ini perlu dipertanyakan, yaitu keikhlasannya. Karena apa? Syetan itu lebih pandai dari manusia dalam menyesatkan mereka. Dan dalam membuat mereka menyimpang dari jalan yang benar. Hampir mustahil seorang duduk dengan pakaian putih, berbicara kemudian di-shooting, didengar oleh seluruh kaum Muslimin, tidak ada sesuatu di hatinya. Kalau anda ingin menangis, cukuplah Allah subhanahu wa ta’ala yang melihat anda menangis, disitu keikhlasannya. Ketika seseorang menyendiri, matanya keluar air takut kepada Allah, ini orang-orang ikhlas. Adapun dia ditayangkan di layar televisi dan ditunjukkan kepada kaum Muslimin, hal ini Wallahu ta’ala a’lam. Kita tidak berhukum dengan yang batin, kita hukumi yang zahirnya saja, bahwa cara-cara seperti ini tidak ada contohnya dari Nabi alaihi shalatu was salam.

Pertanyaan:

Bagaimana pandangan ustadz tentang pensucian jiwa yang dilakukan oleh manajemen qalbu, dzikir jama’ah, sebab yang saya ketahui sungguh mereka telah merubah jiwa-jiwa manusia yang kotor kembali bersih.

Jawaban:
Jadi penanya ini telah mengetahui bahwa dzikir-dzikir jama’ah yang ditayangkan di televisi itu benar-benar telah merubah jiwa-jiwa manusa. Dari mana anda tahu? Apakah anda pernah bersafar dengan mereka? Apakah anda pernah tidur di rumahnya, kemudian melihat apa perbuatannya? Kok tahu bahwa dzikir-dzikir jama’ah itu telah merubah jiwa-jiwa yang kotor. Ini adalah suatu hal yang tidak bisa diterima, bahwa mereka benar-benar telah sungguh-sungguh berubah. Kami tidak menerima pertanyaan ini, karena anda hanya melihat zahirnya.
Sudah cukup lah apa yang diajarkan oleh Nabi alaihis shalaltu was salam. Nabi alaihis shalaltu wassalam tidak memakai dzikir jama’ah tatkala akan mensucikan jiwa para sahabat. Tetapi yang ditanamkan adalah akidah kepada mereka. Diajarkan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi alaihis shalaltu was salam, maka lahirlah manusia-manusia besar yang disebutkan oleh beliau, “khairunnaasi qarni” – sebaik-baik manusia adalah generasiku. Dengan apa Nabi alaihis shalaltu was salam mengajarkan mereka sehingga lahirlah Abubakar As-Siddiq, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan para sahabat-sahabat yang lain? Hanya dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Itulah wahyu dari Allah yang diajarkan oleh Nabi alaihis shalaltu was salam kepada mereka. Maka lahirlah mereka, manusia-manusia yang besar, menjadi sebaik-baik manusia di muka bumi ini.
Adapun cara-cara selain itu selama tidak ada contohnya maka kita tidak memakainya dan kita harus menjauhinya, dan ini adalah termasuk bid’ah-bid’ah yang tidak ada contohnya. Wallahu ta’ala a’lam.
Pertanyaan:

Bagaimana menepis pemahaman orang-orang yang mengatakan bahwa dakwah salafiyah adalah dakwah yang “keras”.

Jawaban:

Sebetulnya dakwah salafiyah adalah dakwah yang paling berhikmah. Karena mereka mengajak umat untuk kembali kepada agama yang benar. Ini pada hakikatnya.

Adapun mengatakan keras, itu adalah suatu penilaian yang keliru. Karena pada hakikatnya seorang Muslim harus memegang agama ini dengan kuat. Nah dakwah salafiyah mengajak kaum Muslimin jangan menjadi Islam abangan, jangan menjadi Islam keraton, jangan menjadi Islam kuburan, jadilah Islam seperti Islam yang diturunkan kepada Muhammad bin Abdillah shallallahu alaihi wasallam, jadilah Muslim yang benar. Muslim yang shalat lima waktu, bukan Muslim yang ada di KTP saja. Bukan Muslim tatkala nikah, tatkala mati, bukan itu. Tetapi Muslim yang benar-benar, tatkala di masjid dia adalah seorang Muslim, tatkala di kantor dia seorang Muslim, tatkala dia di pasar dia seorang Muslim, tatkala dia di jalan dia seorang Muslim. Ini hakekat dakwah salafiyah. Mengajak orang Muslim itu untuk menjadi Muslim dalam segala kondisi. Dari bangun pagi sampai tidur lagi dia itu Muslim. Bukan hanya sekedar di saat dibutuhkan kita pakai Islam, di saat tidak dibutuhkan kita buang Islam, tidak. Jadi bagaimana seorang itu tidur, itu cara Islam. Bagaimana Islam mengajarkan seseorang tidur? Berwudhu sebelum tidur. Nah sekarang misalnya, ada seseorang yang mengatakan kepada anaknya atau saudaranya, kamu harus berwudhu sebelum tidur, apakah ini dikatakan keras? Ini tidak keras, tetapi mengajarkan tuntunan tidur dalam Islam itu, apabila anda hendak tidur disunnahkan untuk berwudhu, tidak wajib. Ini yang diajarkan, diantaranya.

Jadi baik dari masalah kecil, cara makan, cara tidur, sampai kepada masalah yang besar, sampai masalah tauhid, masalah jihad, di mana Allah, itu semua diajarkan. Nah karena kaum Muslimin, mereka terasing dari Islam, banyak yang kita lihat masyarakat, syirik telah berubah menjadi tauhid, tauhid dikatakan syirik, bid’ah dikatakan sunnah, sunnah dikatakan bid’ah, aliran yang benar adalah aliran sesat. Maka dari itu timbullah tuduhan-tuduhan yang batil.

Kalau kita jujur, (ancaman) Allah itu keras. Karena apa? Siksaannya api neraka. Jadi dakwah salafiyah mengajak kaum Muslimin (agar) supaya selamat dari api neraka. Dakwah salafiyah tidak menyuruh orang ‘kamu tidak mau shalat maka saya ambilkan api (untuk membakar), tidak! Hanya mengingatkan shalat, lima waktu, di masjid bagi kaum laki-laki. Jadi tuduhan-tuduhan mengatakan bahwa dakwah salafiyah adalah dakwah yang keras, ini adalah tidak benar. Dakwah salafiyah mengajak orang untuk kembali kepada Islam yang ringan, Islam tidak sulit.

Suatu contoh akidah salaf, sangat mudah, Dimana Allah? Di atas (langit). Selesai. Tetapi coba lihat dakwah Asy-‘Ariyah, dakwah Maturidiah, dimana Allah? (Mereka akan menjawab) tidak tahu, Allah tidak bisa digambarkan dengan otak kita, Allah itu tidak bertempat, Allah ini dan itu. Jadi dipersulit oleh mereka. Beda (dengan) salafiyah, di mana Allah? Ar-Rahman alal Arsyistawa, Allah bersemayam di atas Arsyi. Ringkas, enak, tidak sulit tanpa harus berpikir, dimana sih Allah? Apa di dalam diri, apa di alam ini, tidak di alam, tidak di luar alam, (yang) akhirnya menjadikan manusia-manusia yang bingung. Jadi dakwah salafiyah adalah dakwah yang mengajak manusia kepada Islam yang benar-benar memberikan kemudahan. Jadi tuduhan ini adalah tidak benar, wallahu ta’ala a’lam.

Pertanyaan:

Apakah perkara yang perlu ditekankan oleh seorang tholabul ilm (penuntut ilmu). Apakah perlu memastikan manhaj, dengan cara bagaimana kita bisa tahu bahwa dai itu benar-benar telah menyampaikan kebenaran menurut pemahaman salafus shaleh.

Jawaban:

Apa yang saya katakan tadi, yaitu tatkala seorang dai mengajak, ciri dai itu dai salaf: Mengajak orang kepada Allah dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Mengajak orang untuk berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi alaihis shalaltu was salam serta apa yang dipahami oleh para salafus shaleh.

Dai salafi tidak mengajak orang untuk taat kepada dirinya, lalu diangkat menjadi panglima, tidak boleh menyelisihi panglima, tidak. Dakwah salafiyah mengajak orang kepada jalan yang lurus, dengan hikmah, dengan baik. Cirinya yaitu satu tadi, mereka mengajak kepada Allah dan Sunnah Rasul alaihis shalalatu was salam. Mereka tidak kecewa kalau ada orang yang keluar dari dakwah ini. Bahkan mereka mendoakan agar Allah memberikan petunjuk kepada orang itu. Berbeda dengan dakwah hizbiyah, kalau ada orang diantara kelompok mereka yang keluar, langsung divonis, orang itu tidak benar, orang itu telah keluar, halal darahnya, naudzubillahi mindzlik. Ini namanya dakwah hizbiyah.

Dakwah salafiyah tidak seperti itu. Seorang keluar dari dakwah ini, kita mendoakan Allah memberi petunjuk kepada dia. Kalau ada seseorang yang masuk, alhamdulillah, dia telah masuk kepada kita, dia mulia dengan kemuliaan yang Allah berikan ketika dia mengenal dakwah ini. Jadi kita bergembira kepadanya. Tidak gusar, tidak mengecam, tidak mengatakan kamu jangan duduk sama ini jangan duduk sama itu, itu namanya hizbi. Dakwah salafiyah mengajak orang kepada Allah, tidak mengajak orang kepada partai, tidak mengajak kepada hal-hal yang bersifat hanya sekedar kolektif, kumpulan-kumpulan beberapa orang yang mereka sanjung, yang mereka puja dan puji, tidak! Tetapi mengajak kepada Allah dan Rasul shallallahu alaihi wassalam dan kepada manhaj salafus shaleh ridwanallahu ajmain. Wallahu ta’ala a’lam.

Pertanyaan:

Bagaimana cara menjawab pertanyaan orang yang mengaku pernah bermimpi bertemu dengan Nabi alaihis shalaltu was salam dan mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama, dan mimpi pada zaman sekarang ini.

Jawaban:

Ini adalah tidak benar. Bagaimana menjawabnya? Kita jawab bahwa agama ini telah sempurna. Allah telah mengatakan

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS Al-Ma’idah [5] : 3)

Sudah disampaikan semua oleh Allah dan Rasul-Nya tentang agama ini. Maka kalau ada yang bermimpi bertemu dengan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan mengatakan mengajarkan sesuatu, maka dilihat, bagaimana Rasul yang dimimpi itu. Kalau yang dimimpi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam bentuk cukur jenggot, isbal, rokok, itu bukan Rasul, itu syetan yang datang kepadanya. Jadi seorang yang mimpi melihat Rasul, minimal dia harus tahu bagaimana ciri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dari bentuk fisiknya. Bagaimana mengetahuinya? Maka kita harus belajar. Ada kisah yang menerangkan postur tubuh Nabi shallallahu alaihi wasallam, misalnya Asy-Syami’l Muhammadiyyah karya Imam Tirmidzi ada mukhtasarnya oleh Al-Albani, Bagaimana tingginya, lebar dadanya, jalannya, itu ada disebutkan. Kemudian kalau ada yang bermimpi bertemu Nabi

Bagaimana sikap kita, apakah boleh hal itu kita percayai? Tidak. Sudah cukup apa yang diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya melalui sunnah-sunnah Nabi sudah cukup. Tidak lagi ada ajaran melalui mimpi, itu sufi. Ajaran yang dari mimpi itu adalah ajaran-ajaran dari kebanyakan kaum sufi. Wallahu ta’ala Alam.


…bersambung insya Allah

___________________
Artikel ini sebagaimana artikel ringkasan transkrip audio sebelumnya dibuat sebagai inisiatif pribadi untuk menyebarluaskan manfaatnya. Adapun kesalahan yang terkandung di dalamnya, maka itu adalah tanggung jawab kami, dan kami me-ruju' dari kesalahan tersebut. Wallahu musta'an.

No comments:

Post a Comment