Sunday, February 22, 2009

Kesempurnaan Islam

  • Judul Kajian: Kesempurnaan Islam
  • Pemateri: Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat
  • File: 49.36 MB (dalam 3 file MP3 )
  • Total Durasi: 3:30:33
  • Transkrip: Download Transkrip (32 hal, pdf)

Pembahasan kesempurnaan Islam tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas aspek-aspek yang mengurangi kesempurnaannya, yaitu bid’ah. Dalam kajian ini, al-Ustadz memberikan pembahasan dengan dalil yang begitu jelas hingga tidak menyisakan keraguan, bagi orang-orang yang mencari kebenaran. Bahwa Islam itu telah sempurna, dan apa saja yang datang setelah kesempurnaan Islam itu, baik penambahan atau pengurangan akan merusak kesempurnaan Islam itu sendiri.

Pada bagian pertama, dijelaskan mengenai kesempurnaan Islam beserta dalil-dalil yang jelas mengenai kesempurnaan Islam, yang membatalkan seluruh amalan yang diada-adakan, meskipun dengan niat baik, setelah turunnya ayat tentang kesempurnaan Islam dalam surat Al-Ma’idah ayat 3.

Bagian kedua kajian ini membahas mengenai pengantar Ilmu Ushul Bida’ secara ringkas. Dalam kajian ini, dijelaskan beberapa aspek terkait dengan bid’ah, defenisi dan batasan-batasannya, sebab-sebab timbulnya bid’ah, dan lain-lain, dan beberapa aspek lainnya.

File ketiga kajian ini merupakan bagian dari file kedua yang terpotong, (pembahasan no. VIII pada transkrip).

Jazakallah khair kepada seorang teman yang telah memberikan kajian ini pertengahan/akhir tahun 2005 yang lalu. Semoga Allah merahmatimu dimanapun kamu berada.

Kesempurnaan Islam 1
Kesempurnaan Islam 2
Kesempurnaan Islam 3

No comments:

Post a Comment